Penghuni Lapas Purwakarta Gelar Porseni

PURWAKARTA, RAKA – Para penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Purwakarta mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (Porsenap).

Berbagai pertandingan olahraga dan perlombaan lainnya akan diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemenkumhan Tahun 2022, Rabu (27/7).

Kegiatan itu dibuka secara simbolis dengan pelepasan balon ke udara secara langsung Kepala Lapas Purwakarta Sopiana. Dia, mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan di lapangan olahraga Lapas Purwakarta tersebut diikuti oleh perwakilan warga binaan dari setiap kamar.

“Kami tidak ingin rekan-rekan larut dalam kesedihan, kesendirian, dan merasa terasing di tempat ini. Lapas Kelas IIB Purwakarta adalah rumah baru bagi rekan-rekan WBP yang di dalamnya terdapat keluarga baru untuk saling mengisi, berbagi dan memotivasi,” kata Sopiana.

Dia menyebut, perlombaan kali ini juga bertujuan agar di balik masalah over kapasitas lapas, petugas dapat lebih memahami dan merangkul warga binaan di Lapas Purwakarta melalui kegiatan kebersamaan seperti olahraga. ‚ÄúPetugas harus pintar dan bisa merangkul mereka dalam hal yang nilainya positif, salah satunya olahraga. Melalui itulah kita tahu apa keluhan mereka, sehingga mereka banyak curhat dengan kita. Adapun Jenis Pertandingan yang diselenggarakan yakni futsal, tenis meja, bulutangkis, catur, gaple, lomba menyanyi, lomba MTQ dan lomba adzan,” jelasnya.

Sebagai insan pengayoman yang bertugas di lapas, sambung dia, tentunya semangat Hari Dharma Karyadhika ini menjadi semangat pasti melayani masyarakat, khususnya masyarakat yang saat ini menjalani pembinaan di lembaga pemasyarakatan.

Sopiana menambahkan, kegiatan positif seperti ini ditanamkan untuk mencegah potensi yang tidak diinginkan terjadi dalam Lapas Purwakarta dan membangun keakraban sesama warga binaan.

Di berharap agar warga binaan selalu menjaga kerukunan dan kekompakan sesama tim, serta kepada rival mereka dalam lomba. Sebab, dalam Porsenap ini bukan dicari pemenangnya, tapi lebih kepada semangat membangun silaturahmi dan komunikasi.

“Porsenap ini sebagai pengobat rindu bagi WBP, yang sampai saat ini akibat pandemi covid -19 banyak kegiatan yang kami tunda. Kami lihat dari awal pembukaan sampai pelaksanaan pertandingan, WBP sangat antusias sekali,” pungkasnya. (gan)

Artikel Penghuni Lapas Purwakarta Gelar Porseni pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.