Petunjuk Arah Kurang, Penerangan Jalan Minim di Jalur Alternatif

HL 108 wyeycK

KARAWANG, RAKA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang terus mematangkan persiapan jalur yang akan digunakan untuk arus mudik, dan arus balik lebaran 2022. Jalur alternatif di Karawang dari Tanjungpura ke Jalan Syech Quro menuju Cikalong yang akan dilalui oleh para pemudik, terlihat sedang dipasang rambu-rambu dan petunjuk arah, Senin (25/4).
Kepala Bidang Prasarana Dishub Karawang Dikhy Prayoga menuturkan, sebanyak 20 buah rambu-rambu dari kaso dan lima rambu dari portable sudah dipasang di jalur alternatif. Tetapi, Dikhy menyebut jika fasilitas atau prasarana pada jalur alternatif maupun jalur utama masih banyak kekurangan. Rambu petunjuk arah dan Penerangan Jalan Umum (PJU) juga tidak maksimal mengingat pengadaan terbatas. “Perlengkapan isyarat jalan masih kurang. Tapi mudah-mudahan semuanya mendukung program mudik ini, jadi saling membantu dan akan dipermudah serta diperlancar,” katanya kepada Radar Karawang.
Namun demikian, lanjut Dikhy, pihaknya sudah mengusulkan dan akan mendapatkan bantuan dari kementerian penunjuk arah yang diperuntukan di jalan arteri. Bantuan perlengkapan peralatan yang diusulkan yaitu rambu penunjuk arah, water barier dan trovicon kerucut. “Mudah-mudahan Minggu sekarang ada, kita ngambil ke Dishub Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.
Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat beserta tokoh-tokoh masyarakat membantu kesuksesan dan kelancaran para pemudik. “Semalam kelompok motor sudah ada ketemu di jalan Cikalong,” pungkasnya.
Sementara persiapan pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2022, juga terus disiapkan oleh Dishub Kabupaten Karawang. Sejumlah titik Pos Pengamanan sudah dipersiapkan. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Karawang Ade Safrudin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Pos Pam yang terdiri dari Pos Pam Utama, Pos Pam Pendukung, dan Pos Pam Rampcheck Kendaraan. Dikatakan Ade, Pos Pam pertama sudah didirikan di Tanjungpura dan di Balonggandu Jatisari. Sedangkan untuk Pos Pam Pendukung, dibagi menjadi dua wilayah yakni wilayah barat dan timur. Untuk di wilayah barat diantaranya yaitu di Kepuh, Lamaran atas, Peundeuy, Masari, Terminal Klari, dan Telagasari. Sementara di wilayah timur seperti di Gamon, Cikalong, Krasak, Sasak Gombreng, Jomin, Dawuan, Mako PKB, Tamelang, Kanzen, Jembatan Layang Cikampek, dan Pasar Kosambi. Ade menyebut, Dishub Karawang telah mengerahkan sebanyak 134 personel untuk Pos Pam Lebaran 2022 yang ditempatkan pada titik-titik Pos Pam yang telah dipersiapkan. Berdasarkan pantauan di lapangan, kata dia, di sejumlah ruas jalan arus lalu lintas masih cukup landai baik di jalan arteri maupun di jalan tol. “Para pemudik harus selalu hati-hati dan tetap update informasi seputar mudik baik di media berita maupun di radio-radio,” imbaunya.
Pantauan Radar Karawang di sepanjang jalur alternatif pada siang kemarin arus lalu lintas masih lancar dan belum dipadati oleh pemudik. (nce)

Artikel Petunjuk Arah Kurang, Penerangan Jalan Minim di Jalur Alternatif pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.