Pilkades Desa Wanasari Terancam Ditunda, Ada Apa?

RADARCIANJUR.com CIANJUR– Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Wanasari, Kecamatan Kadupandak terancam ditunda karena lima Bakal Calon (Balon) dari tujuh yang mendaftar menolak untuk melakukan tes tertulis.

Kelima bakal calon tersebut HS, KA, MS, CK dan D pun membuat pernyataan pada secarik kertas kompak dengan keputusan tak setuju dengan tes tertulis yang diselenggarakan di Universitas Suryakancana karena keberatan dengan di loloskannya HDS dan D menjadi bakal calon.

Baca Juga: Didemo Warga, Camat Kadupandak Pingsan

Sedangkan HDS dan D tak keberatan dan siap mengikuti tes tersebut.

Kabid Penataan Desa dan Kerjasama Desa DPMD Cianjur Dendy Kristianto mengatakan, jika kelima balon tetap menolak ikut tes tertulis maka Pilkades Desa Wanasari akan dibekukan selama dua tahun.

“Sesuai dengan peraturan yang berlaku jika tetap seperti itu maka tidak akan diadakan ada pilkades di Desa Wanasari dan sementara akan ditunjuk PJS dari Kecamatan,” katanya kepada wartawan, Minggu (12/06/2022) melalui sambungan telepon.

Sementara itu, Juru bicara balon Wanasari HDS dan D Ahmad Anwar atau kerap di sapa Ebes mengatakan, kedua kliennya telah memenuhi persyaratan untuk melakukan tes tertulis.

Baca Juga: Pleno Pilkades Bunikasih Nyaris Ricuh

“Kedua balon HDS dan D siap di tes dan tak mengubris keinginan kelima calon yang lainnya,” katanya.

Ebes mengaku, jika pilkades di Desa Wanasari tak dilaksanakan maka kliennya dan masyarakat akan dirugikan.

“Jelas, itu kan sangat merugikan. Tak hanya klien saya tetapi juga masyarakat Desa Wanasari,” ujarnya.

Sementara itu kelima calon yang di wakili ketua panitia Pilkades Wanasari Zholar mengatakan, kelima calon menolak dua calon HDS dan D karena masalah persyaratan yang belum lengkap.

“Kami keberatan dengan keputusan panitia kabupaten setelah mengambil alih kewenangan panitia desa, apabila panitia kabupaten mengesahkan kedua calon tersebut tidak berdasar. Karena salah satu calon tidak melengkapi surat keterangan bebas narkoba,” pungkasnya.(byu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.