Pilkades Kabupaten Sukabumi, 29 Wajah Lama, 32 Wajah Baru

Pilkades Heri Gunawan F3maEH

Sumber: radarsukabumi.com

SUKABUMI – Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang I tahun 2022, di Kabupaten Sukabumi berjalan sukses. Tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan itu, diklaim meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Persentasenya tembus ke angka 81,6 persen, sementara sebelumnya angka partisipasi Pilkades serentak 2019 hanya 69 persen. Artinya terdapat kenaikan sekitar 11,4 persen.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengaku bersyukur atas meningkatnya partisipasi masyarakat dalam Pilkades. Hal itu menggambarkan antusiasme masyarakat dalam mengikuti Pilkades sangat tinggi.

“Alhamdulillah ada kenaikan partisipasi masyarakat hingga 11,4 persen. Tak hanya itu, perhelatan Pilkades pun berjalan kondusif, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan lancar,” ujar Marwan belum lama ini.

Marwan menilai, selama peninjauan Pilkades, semunya berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Maka dari itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

Marwan juga berpesan agar kades yang dinyatakan menang, untuk mempersiapkan diri. Terutama dari sisi program yang harus segera didorong.

“Semakin cepat mempersiapkan diri, pemberdayaan masyarakat pun bisa segera direalisasikan melalui berbagai program di tingkat desa. Kades juga harus peka terhadap perubahan teknologi informasi, karena zaman terus berubah lewat kemajuan teknologi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gun Gun Gunardi menambahkan, sejumlah desa telah mengumumkan para pemenangnya. Sehingga, para kepala desa yang ditetapkan panitia pelaksaan Pilkades tinggal menunggu waktu pelantikan.

“Setelah perekapan suara, pemenangnya langsung diumumkan. Sehingga, tahap selanjutnya tinggal menunggu waktu pelantikan,” ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak kali ini, diikuti 70 desa yang tersebar di 36 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Dari 70 desa ini, sambung Gun Gun, petahana yang mendaftar sebanyak 51 orang dan yang terpilih kembali hanya 29 orang.

“Adapun perolehan suara terbanyak dalam kontestasi Pilkada 2022 ini, diraih oleh H. Udin Suherman dengan perolehan suara 4.473 dari Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug. Kades termuda yang terpilih, Deni Suwandi dari Desa Sasagaran, Kecematan Kebonpedes kelahiran tahun 1993 atau 29 tahun. Sementara suara sah seluruh desa yakni 251.225 suara tidak sah 6.055, jadi total suara sah dan tidak sah 257.280,” rincinya.

Ia menambahkan, Pilkades merupakan proses demokrasi pasti ada yang menang dan kalah. Bagi kepala desa yang menang, diucapkan selamat dan semoga mampu mengemban amanat masyarakat untuk menata desa serta menjawab harapan-harapan masyarakat.

“Selain itu, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan yang terpenting harus mampu merangkul semua lapisan masyarakat yang terpecah, karena berbeda dukungan pada saat Pilkades,” ucapnya.

Kepada yang belum terpilih, dirinya mengajak untuk sama-sama berpartisipasi dalam membangun desa dan mendukung yang terpilih.

“Kami berpesan kepada seluruh masyarakat desa yang melaksanakan Pilkades agar kembali bersatu dalam rangka mewujudkan kemajuan desa sesuai visi Kabupaten Sukabumi. Yaitu, terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan bathin,” tandasnya.

Dari sisi pengamana Pilkades, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra menambahkan, perhelatan Pilkada di 55 desa yang masuk wilayah hukum Polres Sukabumi semua dapat berjalan lancar dan kondusif.

“Alhamdulillah kemarin pengamanan Pilkades dari 55 desa sudah selesai semua. Terakhir direkap atau diplenokan di Desa Sukajaya Kecamatan Cicurug.

Jadi habis magrib baru penghitungan, karena ada 29 TPS di sana. Jumlah personel yang diterjunkan 1564 orang terdiri dari Polri 354 orang, Brimob 90 orang, TNI 120 orang, Satpol-PP 110 orang, dan Linmas 980 orang,” singkatnya.

Sedangkan, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi yang juga melakukan memonitoring secara langsung mengaku bersyukur dalam perhelatan demokrasi lima tahunan itu, dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah berjalan lancar, aman, dan kondusif serta tingkat partisipasi masyarakat yang memiliki hak pilih juga sangat baik,” ujar Badri. (ris).

The post Pilkades Kabupaten Sukabumi, 29 Wajah Lama, 32 Wajah Baru appeared first on radarsukabumi.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.