PLN Raih Penghargaan Mitra BUMN Champion 2022

pln 8h5qoA

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – PT PLN (Persero) meraih penghargaan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam ajang Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 yang digelar di Jakarta, Senin (9/5).

PLN menyabet peringkat pertama National Champion pada Kategori Costumer atai Buyer untuk kelas usaha BUMN atas kontribusinya dalam penggunaan produk dan jasa yang dihasilkan BUMN dalam mendukung kegiatan operasional dan bisnis perseroan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian BUMN kepada para mitra BUMN yang mendukung kegiatan bisnis dan operasional BUMN sehingga BUMN dapat merealisasikan kinerja secara lebih efektif dan efisien,” kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 diberikan melalui rangkaian proses seleksi dan penilaian yang dilakukan dengan dasar kinerja kemitraan tahun 2021. Terdapat 268 mitra yang diusulkan dengan 12 klaster BUMN untuk menjadi Mitra BUMN Champion 2022, yang selanjutnya dari hasil seleksi diperoleh 41 mitra yang diberikan apresiasi oleh Kementerian BUMN pada tahun ini.

Menurut Erick, acara ini diselenggarakan untuk mempererat sinergitas BUMN dengan swasta dan UMKM Indonesia, yang sejatinya memiliki kekuatan luar biasa yaitu untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

“Sudah seharusnya ada konsolidasi di mana pemerintah yang sekarang memiliki roadmap besar, tidak hanya peran pemerintah dengan swasta dan UMKM, tetapi juga peran BUMN dengan swasta dan UMKM sebagai mitra,” ungkapnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada mitra yang berkolaborasi dengan BUMN dalam membentuk ekosistem usaha yang dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif terhadap perekonomian.

“saya berharap BUMN bersama mitranya duduk sejajar saling melayani dengan baik, karena ini sebuah era kolaboratif, supaya kita bisa menjadi pesaing global tidak hanya menjadi raja di kampungnya saja,” lanjut Erick.

Dia berharap, BUMN bersaa swasta dan UMKM dapat melakukan tiga hal secara bersama-sama. Pertama memperbaiki hubungan dengan win-win solution. Kedua, membangun keberpihakan kepada produk dalam negeri, yakni Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui para mitranya.

“Dan ketiga, yang terakhir, penting sekali BUMN memiliki mitra yang satu visi, yaitu mitra yang transparan dan profesional,” harapnya.

Dilokasi tersebut, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo setelah menerima penghargaan, mengungkapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Kementerian BUMN kepada PLN. Dalam menjalankan bisnisnya, PLN selalu mengutamakan penggunaan produk dan jasa dari industri dalam negeri agar dapat turut mendorong roda perekonomian.

Tak hanya bersinergi dengan BUMN, PLN juga menggandeng swasta dan para pelaku UMKM untuk bersama membangun negeri.

“Kami berterima kasih untuk apresiasi ini. Bagi kami, peran para mitra untuk mendukung kinerja PLN sangat penting agar membuat PLN lebih trengginas dan lincah. Kami harap kerja sama ini dapat semakin erat dan memberi manfaat bagi kedua belah pihak,” pungkas Darmawan. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.