PMI Kabupaten Sukabumi Belajar CPOB ke Bekasi

PMI Kabupaten Sukabumi
Jajaran UDD PMI Kabupaten Sukabumi, saat melakukan study banding ke PMI Kabupaten Bekasi pada Jumat (05/08).

SUKABUMI – Dalam meningkatkan mutu pengelolaan dan manajeman Unit Donor Darah (UDD), jajaran pengurus PMI dan jajaran UDD PMI Kabupaten Sukabumi, melakukan studi banding ke PMI Kabupaten Bekasi pada Jumat (05/08). Hal ini sengaja dilakukan yang dimaksudkan untuk pengalaman rujukan dan trik-trik dalam peningkatan mutu pengelolaan dan manajeman UDD.

Sekretaris PMI Kabupaten Sukabumi, Unang Suryana kepada Radar Sukabumi mengatakan, PMI Kabupaten Sukabumi sengaja melakukan study banding ke PMI Kabupaten Sukabumi. Lantaran, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu daerah yang paling dekat dengan wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Selain itu, yang terpenting PMI Kabupaten Bekasi sudah mendapat sertifikat UDD pada Cara Pembuatan Obat yang Bermutu (CPOB). Dimana tahapan-tahapan untuk mencapai CPOB tersebut, sangatlah berat. Hal ini, merupakan satu bukti bahwa PMI Kabupaten Sukabumi berjibaku kurang lebih tiga tahun, untuk mendapatkan sertifikat tersebeut,” kata Unang Suryana kepada Radar Sukabumi pada JUmat (05/08).

Sementara untuk PMI Kabupaten Sukabumi, sambung Unang Suryana, hingga saat ini belum mencapai prestasi seperti PMI Kabupaten Bekasi yang sudah mendapatkan sertifikat Unit Donor Darah (UDD) Cara Pembuatan Obat yang Bermutu (CPOB).

Selain itu, pada study banding ke PMI Kabupaten Bekasi ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meraih prestasi tersebut perlu adanya dukungan pengurus dan pemerintah daerah, perlu komitmen dan kerja keras konsistensi, perlu bimbingan dan pelatihan, peningkatan pendidikan staf, perlu monitoring dan evaluasi secara berkala seperti audi internal dan audi eksternal.

“Selain itu, juga perlu adanya perbaikan berkelanjutan, sertifikasi menurunkan risiko dan tracebillity serta siklus yang secara terus menerus,” ujarnya.

Untuk itu, dengan study banding yang dilakukan PMI Kabupaten Sukabumi ke PMI Kabupaten Bekasi tersebut, diharapkan PMI Kabupaten Sukabumi mendapatkan pencerahan dan gambaran tentang langkah-langkah dan upaya-upaya yang harus dilakukan agar Unit Donor Darah (UDD) di Kabupaten Sukabumi bisa mencapai prestasi se tingkat PMI Kabupaten Bekasi.

“Iya, unit UDD di PMI Kabupaten Sukabumi harus bisa lolos sertifikasi CPOB,” pungkasnya. (Den)

The post PMI Kabupaten Sukabumi Belajar CPOB ke Bekasi appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.