Polisi-TNI Ikut Waspadai PMK

PURWAKARTA, RAKA – Aparat kepolisian mulai turun mewaspadai peredaran penyakit mulut dan kuku alias PMK, yang belakangan menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Para anggota Polres Purwakarta melakukan sosialisasi sekaligus mengecek hewan ternak, khususnya sapi dan kambing di desa binaan mereka.

Kapolsek Bojong Ipda Budiman mengatakan, sambil bersilaturahmi, para Bhabinkamtibmas di wilayah tugasnya melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada para peternak.

“Bhabinkamtibmas bersama kepala desa menyosialisasikan langkah apa saja yang dibutuhkan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan yang dipelihara oleh masyarakat,” katanya, Kamis (16/6).

Dia menjelaskan, sampai saat ini kondisi hewan ternak warga di wilayahnya terpantau aman tanpa ada penularan wabah PMK. “Kita juga mengimbau agar masyarakat khususnya peternak tidak perlu panik dengan penyakit mulut dan kuku ini. Kami berharap masyarakat peka akan perkembangan dan cara mengatasi akan wabah penyakit tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, apabila ada hewan ternak yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat untuk segera mendapatkan pengobatan untuk hewan ternaknya.

Untuk mencegah PMK, pihaknya juga memberikan vitamin bagi hewan ternak warga. Para peternak juga diingatkan agar menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan antivirus.

Kepala Desa Bojongtimur Dedi Junaedi berharap para peternak bisa mengikuti imbauan petugas, serta ketentuan yang berlaku. (gan)

Artikel Polisi-TNI Ikut Waspadai PMK pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.