Politeknik Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan Ikan Nila Salin

TIRTAJAYA, RAKA– Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang memberikan bantuan benih nila salin kepada kelompok pembudidaya ikan di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya. Kegiatan itu sebagai bentuk pengabdian kampus kepada masyarakat.
Selain itu, Politeknik juga melakukan kegiatan tebar benih nila salin yang telah divaksin untuk menghindari terjangkitnya bakteri streptococcus yang banyak menyerang benih ikan nila salin. Dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Catur Pramono Adi mengatakan Ikan nila salin dipilih menjadi salah satu komoditas kampung perikanan budidaya lantaran pertumbuhan ikan nila salin bisa lebih cepat, bahkan harganya bisa lebih tinggi dari nila biasa. Selain itu cita rasa dagingnya lebih disukai konsumen. “Secara ekonomi ikan nila salin juga cukup menjanjikan, sehingga ikan nila salin sangat cocok dikembangkan sebagai salah satu komoditas perikanan budidaya di Kabupaten Karawang,” imbuhnya.
Wakil Direktur politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang Dr. Akhmad Suhermanto menyebut, Politeknik KP Karawang merupakan satuan kerja dari pusat pendidikan di bawah Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ikut menyukseskan program kampung budidaya ikan nila salin. Kampung perikanan budidaya ikan nila salin merupakan salah satu dari 130 kampung perikanan budidaya yang sebelumnya ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Akhmad mengatakan, potensi perikanan di Karawang memang sangat besar, terlebih setelah diresmikannya Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, sebagai kampung perikanan budidaya nila salin sehingga dapat memberikan semangat baru kepada pembudidaya ikan nila salin di Karawang. “Kampung perikanan budidaya ikan nila salin di Karawang kedepannya diharapkan mampu mendorong peningkatan produksi terutama perikanan budidaya,” ujarnya.
Lebih lanjut Akhmad menambahkan, sebagai komitmen, BRSDMKP, melalui Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang akan terus melakukan pendampingan teknis, untuk pengembangan perikanan budidaya yang berbasis pada kearifan lokal, sehingga dapat meningkatkan produktivitas di kampung perikanan budidaya ikan nila salin di Karawang. (mra)

Artikel Politeknik Kelautan dan Perikanan Beri Bantuan Ikan Nila Salin pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.