Posyandu Desa Sukasari Kembali Beraksi, Periksa Ibu Hamil dan Balita

HL 15 yNV9Ql

PURWASARI, RAKA – Untuk menjaga kesehatan balita dan ibu hamil, kegiatan posyandu di Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, kembali dilaksanakan.
Ketua PKK Sukasari Nung Nurliah mengatakan, kesehatan balita dan ibu hamil menjadi salah satu prioritas di Desa Purwasari, apalagi cuaca yang tidak menentu akan memudahkan kesehatan balita dan ibu hamil terganggu. “Cuacanya cukup ektrem, kadang panas kadang hujan terus, makanya butuh perhatian lebih,” ucapnya kepada Radar Karawang, Rabu (11/5).
Ia menambahkan, awal kegiatan posyandu dimulai di Delima Tiga Babakan Cengkong. Mengingat, lokasi tersebut merupakan penduduk terbanyak yang terdapat balita dan ibu hamil. “Pemeriksaan balita dan ibu hamil hari ini (kemarin) lebih dari 50 orang,” tambahnya.
Ia mengaku, sejauh ini kondisi kandungan ibu hamil terpantau sehat bahkan tidak ada satupun balita yang terindikasi mengidap stunting, atau gangguan pertumbuhan fisik dan mental. “Kalau kita intensif merawat dan memeriksa warga saat hamil, maka potensi stunting ini bisa kita cegah,” akunya.
Menurutnya, karena keterbatasan alat pemeriksaan, ibu hamil juga diminta untuk rutin melakukan konsultasi ke puskesmas terdekat. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi pertumbuhan lebih pada kandungan, yang membuat sang ibu kesulitan saat melahirkan. “Biasanya itu terjadi karena faktor makanan yang dikonsumsi si ibu,” katanya.
Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Purwasari dr Maesaroh mengungkapkan, kesadaran warga dalam memperhatikan kesehatan mulai terbangun, salah satunya pada ibu hamil. Tercatat setiap pelayanan puskesmas, terdapat beberapa ibu hamil yang memeriksakan diri khususnya pada pemeriksaan kondisi janin yang dikandungnya. “Sehari bisa empat sampai lima ibu hamil yang ke sini, artinya mereka tidak cuek dan benar-benar memperhatikan kondisi kandunganya,” pungkasnya. (mal)

Artikel Posyandu Desa Sukasari Kembali Beraksi, Periksa Ibu Hamil dan Balita pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.