PT APJ Anjurkan Pengunjung Manfaatkan Lahan Parkir di Gedung Pasar Andir Trade Center

Area parkir Pasar Andir Trade Center
Area parkir Pasar Andir Trade Center/ Ist

BANDUNG- PT Aman Prima Jaya (APJ) sebagai pihak pengelola menganjurkan pengunjung untuk manfaatkan lahan parkir di Gedung Pasar Andir Trade Center. Hal tersebut guna mengantisipasi tarif melambung di luar area parkir Gedung Pasar Andir Trade Center.

Manajer PT. APJ Diana Jonathan menganjurkan pengunjung manfaatkan lahan parkir di Gedung Pasar Andir Trade Center, sebab menurutnya, selain tarifnya yang lebih murah, keamanan juga lebih terjamin.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, viral di media sosial tarif parkir Rp20 ribu yang dialami pengendara. Dalam postingan terlihat sebuah tiket parkir.

Keganjilan muncul karena tarif Rp20 ribu pada tiket tertulis dengan pulpen di kolom yang seharusnya diisi dengan nomor polisi kendaraan.

Diyakini, pengendara itu mendapat tiket parkir usai memarkirkan kendaraan di kawasan sekitar Pasar Andir, di luar area parkir resmi Gedung Pasar Andir Trade Center.

“Kalau di parkir resmi yang dikelola oleh pengelola kan ada barcodenya. Jadi, memang lebih aman,” ujar Diana kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Diana mengakui, pengunjung Pasar Andir Trade Center banyak yang memilih parkir di luar pengelola. Menurut Diana, untuk tarif resmi kendaraan roda dua sebesar Rp4 ribu dan untuk kendaraan roda empat Rp6 ribu flat.

“Sedangkan untuk parkir di luaran lebih besar dan kami tidak berkewenangan untuk menegur atau mengendalikan,” terang Diana.

Karena keterbatasan untuk mengendalikan parkir di luar area parkir Gedung Pasar Andir Trade Center itu, Diana mengatakan sudah membicarakan kepada aparat kewilayahan, seperti kecamatan dan kelurahan.

Tarif parkir yang berlaku di gedung Pasar Andir Trade Center juga masih diberlakukan secara flat dengan pertimbangan jika diberlakukan tarif progresif akan memberatkan pengunjung. “Kalau parkirnya mahal, kami khawatir pengunjung lebih enggan datang ke sini,” tegasnya.

Berdasarkan pantauan, lahan parkir diluar Gedung Pasar Andir Trade Center yang digunakan pengunjung adalah lahan yang pada malam harinya digunakan PKL.

“Karena itulah, kami tidak bisa melakukan banyak hal untuk menertibkan, baik PKL maupun parkir diluar Gedung Pasar Andir Trade Center. Sebab kewenangan kami hanya yang ada dalam gedung,” jelasnya.

Disinggung soal kapasitas, Diana mengatakan kapasitas lahan parkir di Gedung Pasar Andir Trade Center untuk kendaraan roda empat 113 lahan dan untuk motor 1.116 unit. Di mana lahan parkir tersebut memang akan penuh saat musim lebaran tiba.

“Kami mengakui menjelang Idul Fitri lahan parkir di gedung memang kurang. Namun, untuk menambah lahan parkir sekarang memang tidak mungkin,” tuturnya.

Diana menerangkan, parkir di Gedung Pasar Andir Trade Center dibagi menjadi 2 tempat, satu di lantai bawah, satu lagi di rooftop.

Diana katakan, banyak pengunjung yang enggan parkir di lahan parkir gedung apalagi di bagian rooftop karena kawasan yang lebih ramai adalah kawasan bawah sehingga banyak pengunjung yang enggan turun ke bawah, jika sudah parkir di atas.

“Terlebih, sekarang ini banyak sekali escalator yang tidak berfungsi,” tambahnya.

Menurut Diana, saat pengelolaan Pasar Andir diberikan kepada PT APJ sudah banyak fasilitas umum yang rusak. Ini menurut Diana, juga membuat pengunjung malas datang. “Terutama untuk eskalator, yang berfungsi hanya eskalator naik saja. Sementara eskalator turun tidak berfungsi,” ungkapnya.

Ke depan, Diana menegaskan, pihaknya akan kembali menjalin kerjasama lebih intens dengan aparat kewilayahan untuk menyelesaikan masalah PKL dan parkir di luar gedung karena jika tidak segera dibereskan akan menimbulkan kemacetan, dan itu menjadi salah satu penyebab berkurangnya pengunjung ke Pasar Andir Trade Center.

“Selama ini sudah banyak keluhan,” tuturnya. (mur/Radar Bandung)

The post PT APJ Anjurkan Pengunjung Manfaatkan Lahan Parkir di Gedung Pasar Andir Trade Center appeared first on Radar Bandung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.