Renovasi Interior Ruang Kerja Bupati dan Wabup Bandung Sedot Anggaran Rp2 Miliar

Kantor Bupati Bandung
Kantor Bupati Bandung

SOREANG- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung mengumumkan lelang pengadaan interior ruang kerja Bupati dan Wakil Bupati Bandung dengan anggaran mencapai Rp 2 miliar lebih yang berasal dari APBD 2022.

Dalam pengumuman di situs lpse.bandungkab.go.id yang diterbitkan 11 Mei 2022 tercatat 91 perusahaan mengikuti lelang, namun hanya 2 perusahaan yang lolos kualifikasi, yakni CV Kurniawan Putra dan Bina Darma.

Dari data itu Bina Darma ditetapkan sebagai pemenang lelang dengan penawaran terendah yakni Rp. 1.979.435.142. Sedangkan CV Kurniawan Putra menawarkan Rp. 2.157.403.282.

Sementara untuk Harga Perkiraan Sendiri (HPS) paket pengadaan interior Bupati dan Wakil Bupati tersebut memiliki pagu anggaran Rp. 2.224.997.760 yang dibulatkan menjadi Rp 2,25 miliar.

Hal itu pun menuai polemik di sosial media. Warga ramai mengomentarinya. Tak jarang warga yang menilai pengadaan interior itu tidak lebih penting dibanding pemenuhan sarana dan infrastruktur penunjang aktifitas warga di Kabupaten Bandung.

Berdasarkan penelusuran Radar Bandung pada laman media sosial milik akun instagram @infokabupatenbandung, sedikitnya 235 orang telah mengomentari hal tersebut.

Terkait hal ini, Pemkab Bandung melalui Kepala DPUTR Kab. Bandung Zeis Zultaqwa menjelaskan, renovasi dilakukan karena sejumlah interior sudah termakan usia.

“Dari pertama berdiri, kantor KDH (Kepala Daerah)/WKDH (Wakil Kepala Daerah) belum pernah sama sekali diperbaiki. Jadi sudah sewajarnya jika ruangan yang berdiri lebih dari 30 tahun ini direnovasi,” tutur Zeis, dalam laporan tertulis, Rabu (22/6).

Zeis mengatakan pihaknya telah mengikuti regulasi sesuai undang-undang yang berlaku, salah satunya dengan mengumumkan lelang pengadaan interior ruang kerja bupati dan wabup melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Proses pembangunan ini sudah sesuai prosedur. Untuk proses lelang, sudah kami umumkan pada 11 Mei 2022 melalui LPSE,” katanya.

Saat ini, jelas Zeis, proses pelelangan sudah masuk ke tahap penerbitan Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa (SPPBJ) dari Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ). “Sekarang kami menunggu verifikasi dari tenaga ahli untuk bukti RPP (Rapat Persiapan Penandatanganan Kontrak),” tandas Zeis. (cr1/RADARBANDUNG.id,)

The post Renovasi Interior Ruang Kerja Bupati dan Wabup Bandung Sedot Anggaran Rp2 Miliar appeared first on Radar Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.