Pemprov Jabar

Ridwan Kamil Bidik Pariwisata Kasepuhan Adat Ciptagelar Sukabumi

SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil membidik potensi wisata Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok. Hal tersebut dikatakan orang yang disapa kang emil tersebut usai melakukan kujungan ke kampung adat tersebut, Rabu (23/03).

Dalam kesempatan tersebut pria yang akrab disapa kang Emil ini, memberikan bantuan uang tunai Rp50 juta untuk warga di sana. Ia mengatakan, sebagai Gubernur Jawa Barat kedatangan itu memastikan perlindungan-perlindungan seluruh masyarakat di Jabar berlangsung dengan baik.

“Selama satu tahun saya mohon maaf belum ada kesempatan mendangi kasepuhan kampung adat Jawa Barat dan baru kali ini. Oleh karena itu, tadi saya sudah berkunjung kemudian ada aspirasi-aspirasi yang tentunya kita akan dukung,” ujar Emil kepada awak media.

KUNJUNGAN : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Ia mengaku senang karena di Kampung Adat Kasepuhan Sinaresmi ini menggunakan listrik mandiri, aliran listriknya dari sungai. Namun, sekarang turbin (pembangkit listrik) nya rusak. “Minggu depan akan kita perbaiki,” ucapnya.

Menurut Emil, variasi bercocok tanam di Kasepuhan Ciptagelar juga dikembangkan dengan inovasi teknologi, tetapi tanpa menghilangkan nilai-nilai adat kesundaan. “Saya rasa itu pesan yang luar biasa, adatnya dipelihara tetapi tidak gaptek (gagap teknologi) mereka bisa beradaptasi,” kata Emil.

Selain itu, sambung Emil promosi pariwisata sesuai dengan kenyamanan di kasepuhan itu akan dibuka kembali dan menginap di home stay yang sudah disediakan sehingga hal itu akan membantu ekonomi warga di sini.

Di sisi lain, soal tidak adanya warga kampung adat kasepuhan Ciptagelar yang terpapar Covid-19. Ia menilai Covid-19 itu dalam pandangannya penyakit kota, makanya kasus Covid-19 di Indonesia itu muncul banyak di Jabodetabek.

“Gak hanya di Ciptagelar saja di beberapa wilayah di Jabar juga begitu. Makanya Jabar hampir nihil zona merah, karena daerah-daerah terpencilnya rata-rata zona hijau. Tetapi kuncinya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes),” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan, Gubernur Jabar hari ini setelah meresmikan jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap langsung ke Ciptagelar melihat langsung kampung adat dengan kekhasannya. “Pak Ridwan Kamil juga memberikan bantuan santunan kepada warga di sini dan melihat potensi yang bisa dikembangkan di sini yang berhubungan dengan pariwisata di Sukabumi,” singkatnya.(cr1/radarsukabumi.com)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button