RT dan RW di Kota Sukabumi Siap Sukseskan BIAN

Sumber: Radar Sukabumi

KOTA SUKABUMI – Kecamatan Warudoyong mulai melakukan Kick Off program pemberdayaan rukun warga (P2RW) dan bulan imunisasi anak nasional (BIAN), Rabu (3/8).

Kegiatan yang di gelar di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi Jalan Cemerlang ini, dihadiri langsung Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Camat Warudoyong Ratna Hermayanti, pimpinan bjb Sukabumi Asep Gunawan, dan para lurah serta para RT dan RW.

Dalam kesempatannya, walikota mengatakan, Kick Off ini merupakan percepatan P2RW untuk pembangunan berbasis wilayah, sehingga pembangunan dapat dirasakan merata hingga ke daerah.

“Pembangunan ini ada yang sifatnya skala kota dan kewilayahan. Tingkat kota menuntaskan Lapang Merdeka, Alun-Alun Kota Sukabumi, penataaan ruas jalan dan trotoar dan tuntasnya pembangunan Pasar Pelita.

Sedangkan pembangunan skala kewilayahan bisa melakukan penataan infrastruktur dan berterimakasih kepada RT dan RW. Sehingga bisa mengurangi kawasan kumuh dari 139 hektare dan kini kawasan kumuh tersisa delapan hektare, salah satunya diatasi program P2RW,” terang Fahmi.

Selain proses membangun sambung Fahmi, aspek pemeliharaan pasca pembangunan juga harus diperhatikan. Program P2RW seperti membangun irigasi, jalan setapak, dan lain sebagainya harus dijaga.

”Dalam Launching P2RW kecamatan ini tolong ingat apa yang dibangun berbasis hasil rembug warga dengan melibatkanLembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK), sehingga tepat sasaran dan tepat kebutuhan,” tambahnya.

Di sisi lain, dalam momen yang sama dilakukan kick off pemberian Vitamin A dan Penimbangan (Abang) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

” Mulai 1 Agustus 2022 digelar Abang BIAN dan balita diberikan vitamin A bukan hanya baik untuk mata tapi untuk daya tahan tubuh,” cetus Fahmi.

Menurut walikota, ada empat kriteria anak unggul Jabar yakni otaknya cerdas, fisiknya sehat, akhlaknya terpuji, dan ibadahnya kuat. Di mana anak Kota Sukabumi harus memiliki empat kriteria itu.

Indonesia lanjut Fahmi, saat ini masuk 16 besar dunia sehingga masuk G20. Ditargetkan masuk empat besar dunia pada 2045 mendatang dan dapat diraih dengan memiliki empat kriteria. Oleh karenanya lanjut Fahmi, sukseskan program Abang BIAN yang akan berdampak besar terhadap masa depan Indonesia.

Sementara itu, Camat Warudoyong, Ratna Hermayanti mengatakan, pelaksanaan pembangunan program P2RW di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi bisa kembali dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Tahun ini pun yang menjadi target sasaran pebangunan di wilayahnya yaitu lingkungan dan wilayah perkumuhan dari segi MCK.

” Tujuan dari program P2RW ini seperti yang sudah pak wali sampaikan adalah untuk meghilangkan perkumuhan yang da di wilayah Kota Sukabumi, untuk itu yang menjadi target utama kami di program P2RW tahun ini yang pertama jalan lingkungan yang semula becek masih berupa tanah kita upayakan lebih baik lagi kemudian yang kedua upaya perkumuhan dari segi MCK khususnya diutamakan pembangunan septic tank communal karena begaimanapun juga membuang air besar di selokan di saluran air merupakan kesehatan yang tidak baik,” terangnya.

Ia pun berharap pembangunan P2RW berbasis lingkungan bisa selesai tahun ini, pasalnya sudah banyak dari kelurahan dan juga RT /RW memberikan proposal untuk pembangungan septic tank.

“Mudah-mudahan bisa selesai tahun ini yah, karena selain dari bantuan P2RW alhamdulilah Warudoyong mendapat bantuan rutilahu dari Provinsi dan juga pusat imana bantuan rutilahu tersebut berupa bantuan satu rumah mendapatkan satu kamar mandi jadi dengan adanya batuan rutilahu dan juga P2RW perkumuhan Warudoyong bisa teratasi,” tutupnya.

Adapun di acara Kick off P2RW yang diselenggarakan oleh Kecamatan Warudoyong tersebut, juga diberikan penghargaan kepada sejumlah RW sebagai pembangunan P2RW terbak tahun 2021 tingkat Kecamatan Warudoyong diantaranya Juara 1RW 03 Kelurahan Warudoyong dan Juara 2 RW 01 Kelurahan Benteng. Sementara Kelurahan Warudoyong RW03 juga meraih juara 3 P2RW terbaik tingkat Kota Sukabumi.

Sementara ditingkat kelurahan, untuk Kelurahan Sukakarya juara 1 diraih oleh RW 01 dan Juara 2 oleh RW 09. Kelurahan Nyomplong Juara 1 RW 09 dan Juara 2 RW 06, Kelurahan Dayeuhluhur Juara 1 RW 02 dan Juara 2 RW 16, Kelurahan Benteng Juar 1 01 dan Juara 2 RW 03, Kelurahan Warudoyong Juara 1 R 03 dan Juara 2 RW 01. (*/cr2)

Walikota Sukabumi Achmad Fahmi saat memberikan sambutan pada acara Kick Off program P2RW dan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi Jalan Cemerlang Kecamatan Warudoyong, Rabu (3/8).

The post RT dan RW di Kota Sukabumi Siap Sukseskan BIAN appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.