Sapi Hewan Kurban Bakal Ditempel Striker Sehat

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi mengimbau warga masyarakat Kota Bekasi tidak khawatir saat membeli hewan kurban. Hewan yang akan dikurban, khususnya sapi akan ditempel stiker sehat. DKPPP akan menjamin kesehatan sapi hewan kurban yang diperjualbelikan.

Salah satunya melakukan pengecekan kesehatan secara berkala di setiap penjual maupun peternak hewan. Baik sapi, kambing hewan lainnya.

Apabila hewan yang sudah dilakukan pengecekan sehat akan ditempelkan striker sehat dari DKPPP dan itu layak dibeli orang masyarakat untuk berkurban.

Kepala DKPPP Kota Bekasi, Herbert Suyanto Wilprit Panjaitan membenarkan pihaknya mulai saat ini sudah menerjunkan petugas kesehatan hewan di setiap wilayah untuk melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban yang diperjualbelikan.

“Ya hingga saat ini sampai hari raya kurban kita akan terus lakukan pengontrol terhadap hewan kurban yang di perjual belikan. Ada 50 Tenaga Kesehatan dari ITB untuk membantu kita disini mengecek kesehatan hewan,” kata Herbert kepada RADARBEKASI.ID, Jumat (24/6).

Selain petugas kesehatan, lanjut dia, stiker sehat pun disiapkan untuk ditempel di hewan, khususnya sapi. Agar warga masyarakat yang membeli hewan kurban tidak khawatir lagi.

Dengan melihat striker sehat di hewan itu, kata Herbert, menandakan hewan tersebut sehat dari penyakit. Bagi 50 petugas kesehatan hewan pun akan disebar di tiap-tiap kelurahan.

“Memang stiker sehat ini kita tempel khusus di hewan sapi saja. Karena yang mudah tertular PMK adalah sapi maka dari itu kita khususkan stiker sehat untuk sapi saja,” ucapnya.

“Itu kita lakukan agar warga tidak khawatir terhadap hewan kurban. Tetapi tetap kita akan pantau terus hewan-hewan kurban maupun peternakan di Kota Bekasi,” ungkapnya. (pay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.