Satgas Citarum Olah Lahan, Tanam Kedelai di Tegalwaru

HL 19 mhVS5O

PURWAKARTA, RAKA – Satuan tugas (Satgas) Citarum Harum sektor 13 lakukan pengolahan lahan Demonstration Plot (Demplot) pada tanaman kedelai di Kampung Cisalak Kulun RT 1 RW01, Desa Karoya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.
Dansatgas Citarum Harum Sektor 13 Kolonel Inf Dwi Sunyata melalui Danpok 2/SSK 2 Desa Karoya Sertu Sugiono mengatakan, untuk mengembalikan kesuburan lahan tersebut, personel di lapangan melakukan penyemprotan dengan menggunakan formula BIOS 44. “Formula BIOS 44 tersebut bermanfaat untuk mencegah kebakaran lahan gambut dan mengurai tanah tandus menjadi subur, atau pemulihan tanah yang rusak. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya Satgas Citarum Harum dalam pengembangan program ketahanan pangan bagi sektor pertanian,” terang Sertu Sugiono, Rabu (11/5).
Selain itu, lanjutnya, dalam kegiatan yang dilakukan bersama warga setempat, turut pula dilakukan penyiangan atau pembersihan rumput gulma yang biasa tumbuh di sela- sela tanaman pertanian sekaligus bagian dari penggemburan tanah. “Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian, karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi. Untuk itu perlu juga dilakukan penyiangan,” jelasnya.
Sertu Sugiono berharap, melalui kegiatan pengolahan lahan berupa penyiraman dengan menggunakan aplikasi BIOS 44, serta penyiangan rumput di lahan demplot tersebut, dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dilanjutkan. “Semoga program tersebut terus dilanjutkan oleh masyarakat, sehingga lahan pertanian tambah subur dan para petani semakin produktif dalam pengembangan ketahanan pangan,” pungkasnya. (gan)

Artikel Satgas Citarum Olah Lahan, Tanam Kedelai di Tegalwaru pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.