Si Kancil Ada di Desa Cibarengkok

RADARCIANJUR.com- Pelanduk kancil, atau yang lebih dikenal kancil, merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Ternyata, hewan dengan nama ilmiah Tragulus kanchil ini masih ada di hutan Desa Cibarengkok, Kemang, Jatisari dan Sukaratu Kecamatan Bojongpicung.

Hewan ini kini diamankan oleh Kepala Desa Cibarengkok, Asep Jalaludin sejak setahun yang lalu yang diserahkan oleh masyarakat yang berburu. Kini, hewan tersebut disimpan di halaman depan kantor desa. Tak jarang, adanya hewan kancil tersebut jadi tontonan masyarakat sekitar.

BACA JUGA : Sambangi Cianjur, Sandiaga Uno : Gunung Padang Bisa Seperti Candi Borobudur

Kepala Desa Cibarengkok, Asep Jalaludin mengungkapkan, pada tahun lalu pihaknya melihat warganya membawa seekor Kacil hasil buruannya dari hutan, kondisi tubuh Kancil terlihat lemah dan ada luka dibagian lehernya mungkin bekas jeratan tali.

“Setelah diberikan, Kancil diurus dengan telaten juga apik sekarang sudah sedikit jinak dan kondisi tubuhnya sudah pulih dari sakitnya, karena binatang Kancil merupakan binatang langka maka hampir tiap hari menjadi tontonan warga sekita,” ujarnya.

Kedepannya Kancil tersebut akan diberikan pada dinas terkait agar diurus di Kebun Binatang karena Kancil tersebut tergolong binatang yang dilindungi dan kalau dilepas di hutan Cibarengkok dikhawatirkan kembali diburu lagi orang yang tidak bertanggungjawab.

Berdasarkan hasil informasi dari masyarakat sekitar bahwa di hutan yang ada di Desa Cibarengkok, Jatisari, Sukaratu dan hutan yang ada di Desa Kemang, masih banyak binatang Kancil, Macan dan binatang langka lainnya yang dilindungi.

“Di hutan Cibarengkok, Kemang, Jatisari dan di hutan Sukaratu, masih banyak banyak binatang Kancil, macan tutul dan binatang langka lainnya,” tutupnya. (kim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.