Siswa PKBM Assholahiyah Dilatih Menulis, Didorong untuk Menerbitkan Buku

KARAWANG,RAKA- Forum Taman Baca Masyarakat menggelar pelatihan menulis bersama Dian Hartati. Sesi ini bertempat di PKBM Assholahiyah, Dusun Cilempung, Desa Pasirjaya, Cilamaya Kulon, Karawang. Ada sekitar puluhan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.
Heru saleh, ketua PKBM Assholiyah mengatakan bahwa pelatihan menulis ini diikuti puluhan peserta berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Wilayah 3. “Kurang lebih dua puluh siswa PKBM Assholahiyah dan pegiat literasi Karawang mengikuti kegiatan menulis tersebut,” katanya, kepada Radar Karawang, Rabu (03/08).
Heru menambahkan, bahwa berjalannya kegiatan menulis berjalan dengan baik, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan, serah terima buku dan materi kepenulisan serta diakhiri dengan doa. “Alhamdulillah berjalan sangat baik,” tambahnya.
Heru sangat berharap bahwa para anak didiknya yang berada di PKBM Assholahiyah, khususnya satuan pendidikan wilayah 3 bisa mewarnai serta mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kegiatan ini. “Saya berharap teman-teman yang hadir di sini bisa menerbitkan buku sesuai dengan minat dan kemampuan teman-teman,” tuturnya.
Sementara itu, Dian Hartati selaku narasumber mengungkapkan, bahwa menulis adalah proses perenungan diri. Ia menerangkan bahwa menulis esai itu ada beberapa struktur diantaranya pendahuluan, isi dan simpulan. “Dibuka dengan topik bisa isinya gagasan atau ide, pertanyaan lalu sampaikan permasalahan. Selanjutnya isi adalah pendapat pribadi yang didukung dengan data. Informasi subjek yang didapat. Kemudian mendapatkan masalah dan mencari solusinya, bisa juga masalah tidak terjawab solusinya,” tandasnya. (fjr)

Artikel Siswa PKBM Assholahiyah Dilatih Menulis, Didorong untuk Menerbitkan Buku pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.