Syukuran Nelayan Ujung Genteng Sukabumi Kembali Digelar

Hari Nelayan Ujunggenteng Sukabumi
MERIAH : Suasana peringatan Syukuran Hari Ulang Tahun Nelayan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.(Foto : Nandi)

Sumber: Radar Sukabumi

SUKABUMI  — Masyarakat Nelayan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berbondong-bondong memadati area tempat sandar perahu, menyambut acara puncak dalam syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) nelayan ke 56. Selasa, (5/07/2022)

Kedatangan masyarakat nelayan untuk menyaksikan secara langsung prosesi larung saji atau tradisi wujud syukur atas nikmat Tuhan yang maha esa atas hasil laut yang melimpah, serta keselamatan bagi para nelayan.

Ketua Panitia Syukuran Hari Nelayan ke 56 Ujung Genteng Dede Elvan Permana bahwa pelaksanaan syukuran hari nelayan kali ini berlangsung meriah, setelah dua tahun tidak dilaksanakan karena adanya pandemi Covid 19.

“Kita tahu selama ini dua tahun kebelakang vakum karena pandemi Covid 19, akhinya setelah vakum, mulai kembali normal hari ini, Alhamdulillah kemeriahan HUT nelayan ke 56 ini meriah, masyarakat nelayan antusias menyambut ini,” ungkap Dede Elvan Permana, Selasa, 5 Juli 2022.

Dijelaskan Dede berbagai kegiata telah dilaksanakan dalam rangka menyambut syukuran HUT nelayan di Ujung Genteng, denga kegiatan puncak yakni larung saji pelepasan indukan lobster ditengah laut.

“Kita lepas larung saji, itu merupakan ungakapan rasa syukur kami nelayan ujung genteng atas limpahan hasil laut yang diberikan Allah Swt, dengan sebelumnga kita berdoa bersama, kemudian larung saji dengan pelepasan induk Lobster sebagai simbol suatu yang harus dibudidayakan kembali,” jelasnya.

Masih kata Dede Elvan, syukuran hari nelayan tidak hanya ungkapan rasa syukur terhadap tuhan yang maha esa, juga dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat terutama dalam hal kreatif usaha masyarakat nelayan.

“Harapan kedepan di hari nelayan selsanjutnya, mudah mudahan Ujung Genteng lebih disentuh oleh semua leading sektor agar nelayan semua berkembang dan lebih bersaing,” terangnya.

Sementara itu, ditempat yang sama sekretaris Himpunan Nelayan Kabupaten Sukabumi Sep Radi Priadika mengatakan mengapresiasi pelasksanaan syukuran hari nelayan Ujung Genteng yang berlangsung meriah dan luar biasa dengan diikuti masyarakat.

“Kita lihat hari ini bagaimana antusias menyambut syukuran nelayan di Ujung Genteng yang ke 56 ini, ini sangat luar biasa, saya lihat masyarakat sangat kompak dan antusias, bersatu bahu membahu dan mengakui hari nelayan ini sangat penting dan memang menjadikan Ikon tahunan,” ungkap Sep Radi.

“Kami dari HNSI Kabupaten Sukabumi selalu mendukung kegiatan ini, apapun menyangkut nelayan kita dukung, tadi HNSI Kabupaten dan provinsi sudah memberikan gratis asuransi kesehatan sebanyak 100 anggota nelayan untuk satu tahun kedepan,” sambungnya.

Sejauh ini diakui Sep Radi keterkaitan nelayan masih sangat minim salah satunya tentang keikutsertaan dalam asuransi, tentang safety atau keselamatan nelayan, sehingga pihaknya dalam setiap kesempatan selalu menginformasikan atau mensosialisasikan terkait hal tersebut.

“Karena memang terkait dengan kenelayanan ini sangat minim sekali, terkait asuransi, safety keselamatan nelayan, kami HNSI Kabupaten Sukabumi akan selalu bersosialisasi terkait dengan asuransi, safety nelayan dengan para rukun nelayan tentunya,” imbuhnya.

“Banyak sistem asuransi yang kita sosialisasikan dan mengikutsertakan nelayan, ada asuransi ketenaga kerjaan, keluarga dan pendidikan, jadi memang asuransi nelayan ini banyak,” terangngnya.

The post Kembali Digelar, Syukuran Nelayan Ujung Genteng Meriah appeared first on Radar Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.