Tak Sanggup Kerja Lagi, Rumah Bah Odih Dibedah

PURWAKARTA, RAKA – Tinggal di rumah tidak layak huni tidak diharapkan oleh semua orang. Termasuk oleh Bah Odih (81), warga Kampung Cigoel, Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.
Odih yang tinggal berdua bersama istrinya itu menempati rumah yang sudah reot dan lapuk termakan usia. Rumah yang terbuat dari ayaman bambu tersebut nyaris roboh. Bagian atapnya juga sudah bocor.
Namun kini ia bersama istri bisa bernafas lega, karena rumah yang didiaminya bakal diperbaiki aparat kepolisian.
Kapolsek Bojong Ipda Budiman mengatakan, pihaknya terketuk melihat kondisi rumah Odih yang reot dan hampir roboh. “Sebelumnya kami cek, kondisi dan keadaanya ternyata benar memang cukup bahaya kalau tidak diperbaiki bisa-bisa roboh,” ujar Budiman, Selasa (26/7).
Dijelaskannya, bagi Odih, untuk memperbaiki rumah adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Karena untuk kehidupan sehari-hari dirinya hanya mengandalkan penghasilan istrinya dari menjual rongsokan yang dikumpulkan.
“Kondisi Bah Odih yang sudah tidak bisa melihat dengan jelas dan lumpuh. Untuk kehidupan sehari-harinya mengandalkan hasil penjualan barang rongsokan yang dikumpulkan istrinya dan istrinya juga bekerja sebagai pemetik pucuk teh dan membersihkan kebun orang,” tutur Budiman.
Dengan kondisi tersebut, ia beserta jajarannya berinisiatif melakukan bedah rumah dengan membangun kembali rumah agar menjadi layak huni. “Hari ini kita bersama masyarakat sekitar, pemerintah desa dan kecamatan serta Koramil Darangdan melaksanakan pembangunan rumah untuk Bah Odih agar memiliki rumah yang layak huni,” jelasnya.
Budiman mengatakan, bedah rumah yang dilakukan keluarga besar Polsek Bojong dan warga setempat merupakan bentuk kepedulian anggota Polri terhadap kondisi rumah Odih yang sudah tidak layak huni. Ini juga kata diam sekaligus sebagai wujud pelakasanaan amanat Kapolres Purwakarta yang harus responsif dan peduli terhadap kondisi masyarakat, serta dapat mendekatkan polri kepada masyarakat. “Termasuk lebih menggugah anggota polri untuk peduli terhadap sesama. Dengan baksos dapat menciptakan personel polisi yang lebih baik, karena mengedapankan hati nurani,” imbuhnya.
Dengan adanya bedah rumah ini, sambung dia, dirinya berharap bermanfaat bagi pemilik rumah, juga sebagai bukti kepedulian Polsek Bojong kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kegiatan Ini bentuk kepedulian Polri juga untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat,” pungkasnya. (gan)

Artikel Tak Sanggup Kerja Lagi, Rumah Bah Odih Dibedah pertama kali tampil pada Radar Karawang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.