Terancam Gagal Panen, Warga Cipeundeuy Sukabumi Perbaiki Irigasi

Irigasi Cipeundeuy Sukabumi 60x60 qQeiHF

Sumber: radarsukabumi.com

SUKABUMI – Puluhan hektare lahan pesawahan warga di Desa Gunungguruh, Kecamatan Gunungguruh, terancam gagal panen.

Lantaran, saluran irigasi di Cipeundeuy, tepatnya di Kampung Cikujang, RT 21/RW 04, Desa Gunungguruh, Kecamatan Gunungguruh rusak setelah diterjang longsor. Dampaknya, lahan pesawahan warga tidak bisa teraliri air secara maksimal.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Gunungguruh, Ade Suparman mengatakan, saluran irigasi rusak lantaran Tembok Penahan Tanah (TPT) pada saluran irigasi itu tergerus longsor sepanjang 25 meter dengan ketinggian 6 meter pada Minggu (8’/5) sekira pukul 04:30 WIB.

“Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka pada bencana alam itu. Hanya saja, sedikitnya 20 hektatre lahan pesawahan warga terancam gagal panen,” kata Ade Suryaman kepada Radar Sukabumi, Rabu (11/05).

Untuk mengantisipasi terjadi gagal panen, sambung Ofieq, puluhan warga bersama pemerintah Desa Gunungguruh melakukan gotong royong untuk memperbaiki saluran irigasi yang rusak dengan cara swadaya.

“Ada sekitar 40 petani bersama Pak Kades dan jajarannya yang melakukan gotong royong itu. Iya, perbaikan irigasi ini sangat mendesak. Sebab jika tidak, ada 20 hektare lahan pesawahan warga terancam gagal panen. Apalagi, saat ini lahan pesawahan warga di wilayah tersebut tengah memasuki masa tanam,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, saluran irigasi tersebut merupakan akses vital warga untuk memenuhi kebutuhan air di lahan pesawahannya. Selain itu, air dari irigasi Cipeundey juga kerap digunakan warga untuk kepentingan mencuci dan lainnya.

Berdasarkan asesmen petugas penanggulangan bencana Kecamatan Gunungguruh, kebutuhan mendesak untuk memperbaiki irigasi itu adalah terpal 25 meter, boronjong 50 buah dan paralon 30 batang berukuran 4 inci.

“Warga khususnya para petani itu berharap kepada pemerintah dapat segera memperbaiki saluran irigasi yang rusak itu. Sebab, saluran irigasi ini merupakan akses vital warga untuk mengairi lahan pesawahan warga,” pungkasnya. (den/d)

The post Terancam Gagal Panen, Warga Cipeundeuy Sukabumi Perbaiki Irigasi appeared first on radarsukabumi.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.