Tips Mencegah Kabakaran Rumah Saat Ditinggal Mudik, Ini yang Harus Waspadai

20180503 radarbogor Berita Utama Ilustrasi Kebakaran BcsQ71

Ilustrasi Kebakaran

CIAWI-RADAR BOGOR, Kepala UPT Damkar Sektor Ciawi, Kabupaten Bogor, Nendri mengimbau masyarakat terkait bahaya kebakaran rumah, perkantoran, maupun tempat usaha saat ditinggal mudik Lebaran.

Baca Juga : Terminal Bayangan Simpang Ciawi Dipadati Pemudik, Lalin Tersendat

“Menghadapi libur panjang ini harus tetap waspada, antisipasi untuk mencegah terjadinya kebakaran di wilayah kita, terutama pada momen libur panjang Idul Fitri,” katanya kepada Radar Bogor Jumat (29/4/2022).

Nendri memaparkan, sejumlah potensi penyebab kebakaran yang perlu diwaspadai bersama di antaranya, listrik, lampu minyak tanah, kompor, lilin, puntung rokok, obat nyamuk bakar, bahan kimia, perangkat elektronik, pembakaran sampah, mesin genset, dan beban stop kontak listrik.

“Kami imbau, sebelum rumahnya ditinggal mudik, cek peralatan listrik, kompor listrik dan tabung gas apakah sudah dalam keadaan aman. Juga lampu saat ditinggal mudik dinyalakan seperlunya saja,” imbaunya.

“Untuk yang di dapur, cabut regulasi kompor gas dan tutup kepala gas elpiji dengan plastik pakai karet,” pintanya.

Nendri memaparkan, sebelum mudik lebaran, sebaiknya juga komunikasi untuk menitipkan rumah ke penjaga atau tetangga setempat. Memastikan kondisi rumah sebelum ditinggal dalam keadaan aman dari bahaya kebakaran. (all)

The post Tips Mencegah Kabakaran Rumah Saat Ditinggal Mudik, Ini yang Harus Waspadai first appeared on RADAR BOGOR | Berita Bogor Terpercaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.