Depok  

Wabah PMK, Pasokan Hewan Kurban ke Depok Berkurang

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) secara langsung membuat pedagang hewan kurban menjerit. Pasokan semakin berkurang. Sekalinya bisa, butuh prosedural pengiriman hewan yang ketat.

Pemilik Mall Hewan Kurban Haji Doni, Ramdoni mengatakan, tahun ini memang ketat. Mulai dari pemeriksaan sampai pendataan hewan kurban dilakukan teliti. Hewan kurban hanya boleh didatangkan dari Bali, salah satu wilayah di Indonesia yang tidak terindikasi ada PMK.

Itu pun harus ada rekomendasinya. Pemprov Jawa Barat harus minta izin dulu ke Pemprov Bali. Hewan kurban harus lolos pemeriksaan PMK dulu, baru bisa dikirim,” ungkapnya kepada Radar Depok, Senin (20/6).

Ia mengatakan, saat ini jumlah hewan kurban yang tersedia ada 2.800 ekor. Masih kurang 1.200 lagi. Karena dalam satu hari, cuma dapat 40 ekor, 60 ekor. Pasokan datang per hari.

Dibandingkan tahun lalu dengan tahun ini sangat berkurang, sekitar antara dalam permintaan 1.000 ekor. Itu yang bisa terpenuhi hanya 250 ekor untuk tahun ini,” beber dia.

Bicara harga, sambung dia, tergantung akan ukuran. Memang ada kenaikan, sekitar 10 persen.

Untuk proses pembuatan sertifikat surat PMK juga memakan waktu. Karena sekarang itu proses pemerintah daerah masing-masing,” pungkasnya. (rd/jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.