Depok  

Wakil Walikota Depok Bangga Lihat Pembukaan ASEAN Para Games XI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perhelatan akbar ASEAN Para Games XI resmi dimulai hari ini. Kegiatan resmi dibuka dengan upacara pembukaan yang dihadiri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7).

Wakil Walikota Depok yang juga Pembina National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Jawa Barat (Jabar), Imam Budi Hartono mengaku, senang dan bangga dapat menyaksikan secara langsung pembukaan even internasional yang mengusung tema kesetaraan ‘Striving for Equality’, upacara pembukaan ini menampilkan sejumlah penampil difabel.

“Senang sekali bagi saya sebagai pembina NPCI Jabar bisa menyaksikan pembukaan Asean Para Games ke XI. Beberapa tahun lalu juga bisa mengikuti beberapa pembukaan Asean Para Games baik Myanmar, terakhir saya datang ke Singapura,” tutur Imam Budi Hartono kepada Radar Depok.

Dia menerangkan, acara dibuka dengan penampilan penyanyi tuna netra Arda. Bersama Endah Laras dan Dodit Mulyanto, mereka membawakan lagu Bengawan Solo.  Sehingga, Imam Budi Hartono terpukau dan bangga

“Nuansa pembukaan ajang ini Indonesia banget tepatnya Jawa banget. Musik-musiknya penuh dengan gamelan Jawa, panggung juga berlatar belakang pegunungan, tokoh-tokoh wayang kulit, sampai lagu bengawan solo juga cukup membanggakan keren banget didendangkan,” terang Imam Budi Hartono

Ketua DPD PKS Kota Depok ini mengungkapkan, walaupun tak semeriah Asean Games. Namun, paling tidak, masyarakat Indonesia sedikit demi sedikit mengenal even olahraga Para Games di mana atlet penyandang disabilitas.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, terdapat 13 jenis olahraga yang dipertandingkan, di antaranya atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur dan angkat berat. Lalu, bocia, judo, goalboal, tenis kursi roda, panahan, CP football, dan basket kursi roda.

“Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan sekitar 200 atlet Paralimpik untuk mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan dalam gelaran tersebut. Sedangkan, untuk Jabar akan menerjunkan 75 atlet Paralimpik,” bebernya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh warga Depok, dan umumnya warga negara Indonesia, untuk memberian dukungan dan doanya agar atlet-atlet paralimpik Indonesia dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

“Mohon doa ya dari seluruh warga Indonesia untuk datang ke solo menyaksikan event ini. Doanya juga Semoga Indonesia jadi Juara Umum. Salam Olahraga,” pungkas Imam. (rd/ana)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.