Depok  

Wakil Walikota Depok Sebut Koperasi Sebagai Kekuatan Ekonomi

DEPOK – Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, koperasi memiliki kekuatan ekonomi berdikari yang berbasis kemasyarakatan dengan landasan asas kekeluargaan.

Hal itu disampaikannya dalam penutupan pekan Hari Ulang Tahun (HUT) koperasi ke-75 tingkat Kota Depok yang digelar di Stadion Mini Mahakam, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

“Kekuatan ekonomi yang dibangun koperasi merupakan kekuatan ekonomi berdikari (berdiri di kaki sendiri) yang berbasis kemasyarakatan, dengan berlandaskan pada asas kekeluargaan dan persyaratan anggota dan cara pandang koperasi dengan kepribadian bangsa,” terang Imam kepada Radar Depok, Minggu (17/7).

Imam menjelaskan, pekan koperasi Kota Depok tersebut berlangsung selama tiga hari dengan harapan koperasi yang berada di Kota Depok bisa lebih maju dan berkembang serta mampu menopang perekonomian bangsa. Sebab, saat ini koperasi tengah dihadapi dengan tantangan kemajuan dan perkembangan jaman.

“Seirama dengan dinamika perkembangan ekonomi Ini maupun Global. Namun dengan memiliki semangat dan motivasi yang kuat,” terangnya.

Dia berharap, koperasi di Kota Depok fokus pada peningkatan modal secara mandiri, melalui Inovasi dan kreativitas dalam menjalankan usaha koperasi. Selanjutnya, tentang pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui, perangkat daerah.

“Saya berharap produk-produk koperasi agar dapat meningkatkan mutu dan kualitasnya dapat menarik minat masyarakat. Pengurus dan pengawas koperasi agar menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional,” kata Imam.

Sementara itu, Ketua Panitia Pekan Koperasi Kota Depok, Purwanto menerangkan, perhelatan selama tiga hari itu dirangkai dengan sejumlah kegiatan seperti bazzar UMKM, sunatan masal, jalan santai yang diikuti 500 peserta, serta pembutan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dari Samsat Keliling.

“Untuk jalan santai dan senam sehat tadi diikuti empat ratus lima puluh peserta,” jelasnya.

Dia menjabarkan, pelaksanaan pekan koperasi tingkat Kota Depok yang ke-75 tahun 2022 tersebut, bisa menjajakan hasil kegiatan tahun lalu yang terkendala pandemi.

“Kita harapkan untuk tahun-tahun kemudian itu koperasi bisa berjalan dengan baik. Bisa memberikan kesejahteraan kepada anggotanya,” ungkap Purwanto.

Lebih dalam, beber Purwanto, stand-stand dalam bazar UMKM tersebut diberikan kepada anggota koperasi dan UKM secara gratis atau cuma-cuma. “Untuk stand kita gratiskan, kita berharap dengan adanya stand gratis para peserta tidak terbebani oleh biaya. Sehingga kegiatan lebih maksimal,” tandasnya. (RADAR DEPOK /ger)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Junior Williandro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.