Warga Binaan Rutan Depok Bisa Video Call dengan Keluarga

rutan 3Ziq1N

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Berada dalam Rumah Tahanan (Rutan) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana, berkomunikasi secara langsung dengan keluarga menjadi suatu impian untuk berbagi cerita selama beraktifitas di rutan.

Menyalurkan kerinduan tersebut, Rutan Kelas I Depok berinovasi dengan memberikan layanan virtual yaitu video call secara gratis kepada seluruh WBP.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan menerangkan, layanan tersebut menjadi rangkaian pelayanan Hari Raya Idul Fitro 1443 hijriah, sebab itu menjadi hak WBP untuk berinteraksi dengan keluarga, terlebih saat lebaran.

“Ini diberikan secara gratis. Hak WBP untuk halal bihalal sama keluarganya, jadi wajib kita fasilitasi,” terangnya.

Disampaikannya, pihak Rutan akan terus memberikan pelayanan secara maksimal bagi WBP maupun keluarga, sehingga pembinaan akan berjalan secara maksimal karena WBP bisa fokus bila kerinduannya dengan keluarga terlampiaskan.

Sebab, akan mempengaruhi pembinaan bila WBP tidak merasa rileks atau nyaman. Hal ini juga berpengaruh pada keamanan dan ketertiban di area Rutan.

“Insha Allah pelayanan ini menjadikan WBP bisa fokus dalam pembinaan,” katanya.

Andi juga berharap, layanan yang menjadi komunikasi WBP ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk dapat bertemu secara virtual dengan keluarga.

Bahkan, sukacita begitu terlihat karena antusias yang tinggi ditunjukan WBP sehingga menjadi pemandangan di sekitar area ruang sentra komunikasi.

“Kita melihat mereka senang dan bahagia, meski rela antrian itu bukan menjadi penghalang mereka yang kangen akan rasa rindu,” pungkasnya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.