Depok  

Warga Depok Diminta Manfaatkan Pekarangan untuk Tanaman Produktif

Warga Depok

DEPOK – Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek, RW2, Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari berhasil masuk enam besar pada lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, diluar lomba , program tersebut sangat baik untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat atau protein sendiri.

“Ini salah satu bentuk ketahanan keluarga juga,” ungkapnya kepada Radar Depok, Selasa (5/7).

Ia menuturkan, dengan geografis Depok sebagai daerah perkotaan, maka sistem tanam pohon di pekarangan menjadi alternatif potensial, “Itu lumayan, Di Duren Seribu ada 32 kepala keluarga yang menanam jagung. Hasilnya saat panen bisa satu pick up penuh,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai lomba, Dwi Kurniasari menjelaskan, ada beberapa poin yang dinilai dalam tahapan rechecking. Antara lain, jumlah tanaman secara kuantitas, jumlah rumah yang melakukan penanaman lebih banyak dari jumlah rumah yang ada, pertumbuhan tanaman, perawatan tanaman, dan pemupukan tanaman.

“Kemudian poin estetika menanamnya. Jadi, tidak bisa adal mencampuradukan tiap tanaman. Misalnya dalam satu lahan ada tanaman jagung dan singkong,” katanya.

Dikatakannya, Kota Depok masuk nominasi enam besar lomba bersama lima kota lainnya, yaitu, Kota Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor dan Tasikmalaya. Pemenang akan diumumkan secepatnya berbarengan dengan kegiatan TP-PKK Provinsi.

“Saya berharap warga bisa terus mempertahankan semangatnya agar Depok bisa swasembada pangan ke depannya,” tutupnya. (jun/RADARDEPOK.COM, )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.