Waspada, Penyakit PMK Masuk Bekasi

 

RADARBEKASI.ID, BEKASI SELATAN – Penyakit Mulut Kuku (PMK) yang menyerang hewan, khususnya sapi di wilayah Jawa Timur dan Aceh, patut diwaspadai Kota Bekasi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Pada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKPPP) Kota Bekasi, Wadi Rimal membenarkan PMK terjadi di Jawa Timur dan Aceh.

“Memang ada ribuan sapi yang terjangkit PMK di Jawa Timur dan Aceh. Tetapi di Kota Bekasi setelah kita monitor tidak ditemukan hewan ternak, sapi, kerbau, kambing dan domba yang terpapar PMK,” kata Wadi sapaan akrabnya kepada RADARBEKASI.ID, Rabu (11/5).

Kejadian tersebut, lanjut dia, sudah diprediksi Kementerian Pertanian dan Peternakan pada dua bulan lalu. Karena ada perubahan musim, sehingga akan berpengaruh pada ternak dan juga pertanian.

Ternyata benar, imbuh dia, saat ini Penyakit menyerang hewan itu buming di Jawa Timur dan Aceh.

Dia juga mengaku mewaspadai penularan PMK terjadi di Kota Bekasi. Apalagi Kota Bekasi banyak menerima bantuan ternak. Maka dari adanya gejala PMK pihaknya langsung memonitoring peternak-peternak yang ada di Kota Bekasi.

“Ya karena kami banyak menerima  bantuan ternak juga dari Pemerintah Pusat maupun Kota Bekasi. Kita langsung melakukan monitoring ke hewan-hewan peternakan dan hasilnya aman. Tidak ada yang terkena PMK,” ucapnya.

Selain itu, sambung dia, pemeriksaan tidak hanya dilakukan di peternakan saja. Bagi rumah potong hewan (RPH) juga telah dilakukan pemeriksaan oleh pihaknya yang berjumlah 5 tim.

“Intinya sampai saat ini PMK tidak kita temukan di RPH maupun di peternakan yang ada di Kota Bekasi. Kita juga akan pastikan hewan yang datang dari daerah lain akan kita lakukan pemeriksaan sebelum dijual maupun dipotong,” ungkapnya. (pay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.